RS Unand Siapkan Layanan Tes Kesehatan Bacaleg DPRD,DPR-RI dan DPD

    RS Unand Siapkan Layanan Tes Kesehatan Bacaleg DPRD,DPR-RI dan DPD

    Padang - - Rumah Sakit Universitas Andalas,  mulai tanggal 3 Mei 2023 ini sudah dapat melayani Pemeriksaan Kesehatan bagi Calon Anggota DPD-RI dan calon anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, DPRD Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat. 

    "RS Unand telah menjadwalkan layanan tes kesehatan pada para bakal calon anggota legislatif dan DPD yang akan maju dalam Pemilihan Umum 2024, ujar Direktur Utama Rumah Sakit Universitas  Andalas, Dr.dr.Yevri Zulfiqar, SpB.SpU(K) ketika dikonfirmasi wartawan media ini, Rabu (3/5/2023).

    Hal ini sesuai dengan penunjukan RS. Unand yang tertuang dalam Surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat No : 441 B/A/ Yankes/ IV/ 2023, tentang Fasyankes untuk melayani Pemeriksaan Kesehatan Calon Anggota DPDRI dan DPRD SE Sumatera Barat yang dikeluarkan tanggal 14 April 2023  dan ditandatangani oleh Kadinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dr. Lila Yanwar. MARS, yang ditujukan kepada Ketua KPU Provinsi Sumatera Barat.

    Dikatakan, Dr Yevri, layanan tes ini digelar dalam rangkaian memenuhi syarat administrasi bakal calon anggota legislatif dalam mengikuti kontestan di Pemilu 2024. Para bakal calon anggota legislatif ini harus melewati tes rohani berupa pemeriksaan kejiwaan yang dilakukan secara tertulis. 

    Kemudian, kata dia, bakal calon anggota legislatif dan DPD juga harus bisa menyelesaikan 567 daftar pertanyaan dengan durasi waktu dua jam. 

    "Setelah mengikuti pemeriksaan kejiwaan dan daftar pertanyaan, besoknya akan dilanjutkan tes jasmani, narkoba, dan wawancara pada para calon anggota legislatif, " katanya.

    Untuk pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Legislatif, DPD dan DPRD di Rumah Sakit Universitas Andalas tersebut, dijelaskanya, akan dilaksanakan di Aula lt 2 RS Unand pukul 08.00-16.00 WIB

    Lebih lanjut Dirut RS Unand ini menjawab pertanyaan wartawan menjelaskan, bahwa penunjukan Rs. Unand oleh Ibu Kadinas Kesehatan Sumbar ini tentunya sudah berdasarkan penilaian kinerja dan fasilitas pemeriksaan yang dimiliki Rs. Unand saat ini.

    "Kami berterima kasih RS. Unand telah dipercaya menyelenggarakan Pemeriksaan Kesehatan bagi calon anggota DPD-RI dan Calon anggota DPRD Sumbar serta calon anggota DPRD Kabupaten Kota se Sumbar", ungkap DR Yevri yang juga dosen FDOK Unand tersebut.

    Fasilitas yang telah disiapkan oleh Rs. Unand menghadapi pemeriksaan Kesehatan Calon anggota DPD-RI, calon anggota DPRD itu adalah pemeriksaan phisik dengan dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis, THT, dokter spesialis Mata. Dokter gigi, dan dokter spesialis jantung.

    Pemeriksaan penunjang meliputi pemeriksaan laboratorium dengan pemeriksaan darah rutin, darah sewaktu, Total kolestrol, ureum, kreatinin, SGOT, SGPT, pemeriksaan Radiologi dengan rontgen rongga dada, pemeriksaan urine utk Narkoba dengan 3 indikator, lalu pemeriksaan Rohani dengan CFIT/AMP, Warteg tes dan Grafis tes, MMPI serta pemeriksaan dengan dokter spesialis jiwa.

    Hasil pemeriksaan ini nanti akan dikeluarkan beberapa surat sesuai syarat Caleg yg ditentukan oleh KPU yaitu Surat Keterangan Sehat Jasmani, Surat Keterangan Sehat Rohani, Surat Keterangan Bebas Narkoba, dan Rekap  pemeriksaan Kesehatan.

    DR. Yevri mengungkapkan untuk dapat dilayani peserta yang akan mengikuti pemeriksaan itu harus melengkapi dengan fotocopi KTP dan pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar latar bebas, peserta mendaftar mulai jam 08.00 - jam 12.00  Wib, melalui link http ://tiny.cc/ rsunand-mcu-bacaleg. Peserta 1-H harus berpuasa paling tidak 8-10 jam. 

    "RS. Unand akan memberikan pelayanan terbaik untuk menjaga reputasi dan prestasi Rs. Unand, apalagi ini kepercayaan yang diberikan oleh Pemprov Sumbar  yang harus dijaga dengan baik. Selain itu, kami tentu merasa bangga karena dapat memeriksa kesehatan calon pemimpin Sumatera Barat untuk 5 tahun kedepan" Ujar Dr Yefri mengakhiri.

    Adi Kampai

    Adi Kampai

    Artikel Sebelumnya

    Jasa Raharja Serahkan Santunan Seluruh Korban...

    Artikel Berikutnya

    Tetap Laris, Kopi Racikan Hj Nurcaya Dipalsukan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Tim SSDM Polri Gelar Kegiatan Trauma Healing Berupa Kegiatan Yasinan bagi Korban Terdampak Banjir Lahar Dingin Marapi
    Banyak Kalangan Berharap Kasus Karen Diputus Hakim Berdasarkan Keadilan dan Ketuhanan yang Maha Esa
    Bantu Korban Bencana Alam, Ketua PN Batusangkar Liena, S.H., M.Hum Dirikan  Dapur Umum
    Tim Kupu-Kupu Jatanras Sat Reskrim Polres Agam Kembali Ungkap Kasus Pencurian
    Cubadak, Nagari Madani Nan Penuh Pesona Wisata

    Ikuti Kami